Info Harga, Test Drive, Simulasi Kredit, dan Pemesanan
Hub Andy
0812 3007 2006

DEALER TOYOTA MALANG

DEALER TOYOTA MALANG
TOYOTA KARTIKA SARI

Wednesday, August 2, 2017

Toyota Fortuner Malang

Toyota Fortuner Review

Dealer Toyota Malang
Kiprah Toyota Fortuner di Indonesia ini memang cukup sukses 10 tahun belakangan. Dengan bodi kekar dan perawakan tinggi plus fitur yang cukup mewah membuat negeri yang sering dilanda banjir setiap musim hujan ini menjadi ladang penjualan SUV ini. Hal tersebut membuat Toyota tak ragu meluncurkan generasi terbarunya dengan desain dan fitur yang lebih baik

Sebagai sebuah mobil yang berevolusi melalui proses penggantian generasi, Fortuner 2016 sudah dibekali berbagai senjata agar lebih baik dari generasi sebelumnya, plus agar bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport 2016 yang juga tak lama lagi bakal ganti generasi. Senjata-senjata ini patut dicermati, dan dalam review kali ini kami akan mengupas segala perubahan dan penambahan dari All New Fortuner ini. Yaitu pada aspek desain eksterior, desain interior, akomodasi, fitur, performa mesin dan harga.

Desain Eksterior
Dealer Toyota Malang

All New Fortuner  sudah menganut bahasa desain Toyota yang baru, yakni Keen Look seperti halnya produk Toyota lainnya. Definisi Keen Look sebenarnya cukup luas, kami sih mengartikannya untuk membuat mobil Toyota dengan garis-garis dan sudut tajam dan menjadikannya terlihat lebih galak serta menjadikannya lebih streamline dan aerodinamis.
Nah, All New Fortuner ini sudah ikut Keen Look dengan hadirnya fitur desain seperti lampu sipit dan garis-garis tajam. Di samping, hal yang paling kentara di Fortuner baru ini ialah hadirnya “Window Graphic Design” yang menyebabkan bentuk kaca belakang ada desain menukik mirip Mobilio. Entah disengaja atau tidak, mungkin ini adalah suatu terobosan yang acceptable, atau hmm.. desainernya lagi bersin sehingga desainnya jadi gitu.
Peleknya sekarang berukuran 18 inci untuk tipe SRZ dan VRZ, dan 17 inci untuk tipe G. Berbeda dengan Fortuner lama yang 17 inci saja. Selain itu, pelek yang sekarang diberikan warna two tone dan menurut Toyota diproduksi dengan proses machining. Wheel arch-nya dibuat lebih besar layaknya Innova dan tidak dibuat benar-benar seperti setengah lingkaran, tapi ada bagian yang dibuat rata. Kami bisa bayangkan pelek 23 inci pun bisa muat di sepatbor All New Fortuner.


Dealer Toyota Malang


Dealer Toyota Malang
Di belakang, yang paling keren adalah lampu LED yang dibuat dua garis, desain tersebut seakan jadi bagian paling khas di Fortuner 2016. Hadir pula floating roof yang mirip mobilio. Bedanya, seluruh bagian kaca samping belakang dengan kaca belakang saling bersentuhan tanpa dipisah panel bodi. Ngapain dipisah, emangnya bukan muhrim? Hahaha…
Untuk fitur eksteriornya, tersedia lampu Bi-Beam dan Led DRL serta bagasi elektrik beserta pengatur ketinggian serta sensor objek yang mendeteksi jika ada objek di bagasi yang berpotensi terjepit sehingga aman untuk tangan. Semua fitur tadi hanya tersedia untuk varian VRZ dan SRZ.  Di bagian buritan juga telah tersedia Spoiler untuk semu tipe.
Kesimpulannya di desain eksterior ini, Fortuner telah berevolusi jadi mobil yang futuristik tanpa banyak fitur desain yang kontroversial seperti Pajero Sport yang punya desain lampu belakang seperti air mata, atau pillar D All New Kijang Innova yang sedikit ganjil di mata.


Desain Interior



Desain interior Fotuner 2016 membaik dari pendahulunya yang sangat kuno dan sama persis seperti Hilux. Namun sayangnya, masih banyak material plastik bertebaran di interior. Beruntung, beberapa bagian yang selalu disentuh tangan telah dilapis material Soft touch yang dibungkus kulit. Berbeda dengan Pajero Sport 2016 yang materialnya tak ada peningkatan. Instrument clusternya juga mengalami peningkatan yang membuatnya terlihat modern dengan berbagai mode didalamnya. Setirnya sekarang dapat fitur Tilt & Telescopic.
Desainnya sendiri mungkin sedikit mirip Innova di sejumlah elemen desain, yakni digunakan desasin dasbor asimetris, dan garis-garis yang mengalir. Lihat saja lengkungan yang terus menyambung dari kisi AC kanan ke kisi AC kiri, yang meloncati speedometer dan kisi AC tengah. Terlihat cukup indah. Lalu diberikan aksen kayu di setir, dan ada pula aksen coklat dof di kiri-kanan head unit. Pengaturan AC pada mobil ini sudah digital di semua tipe.
Seluruh joknya yang sudah berbahan kulit diberikan warna coklat, berbeda dengan Innova yang diwarnai oranye. Tentu dibedakan biar membedakan juga ‘level’ kemewahannya. Ada cekungan di plafon diatas jok baris kedua, yang menurut Toyota adalah desain bubble berfungsi untuk menambah ukuran headroom dan mengalirkan angin dari AC double-blowernya. Oh ya, khusus untuk tipe SRZ dan VRZ, jempol anda tak pernah “Nganggur” karena pada setir tersedia banyak tombol yang berisi aneka menu yang ditampilkan di MID, serta tombol pengaturan head unit.
All New Fortuner 2016 4


Akomodasi
Fortuner  kelihatannya kurang berorientasi pada akomodasi. Buktinya, kini kabinnya menyempit. Ini terjadi akibat semakin pendeknya atap mobil dan berimbas pada headroom penumpang. Jok baris kedua tidak terlalu lega di legroom dan headroom, kabar baiknya Toyota memberikan cekungan di atap untuk headroom yang lebih. Karena kalau anda cukup tinggi, kepala anda bisa-bisa mentok tanpa cekungan tersebut. Pada Fortuner ini tidak terdapat ambient light layaknya Innova. Untungnya, semua kekurangan terbayarkan dengan adanya armrest dengan 2 cup holder, Rear Seat Enterteinment yang tidak terlalu proper alias mudah goyang, serta power outlet sebesar 12V.
Baris ketiga juga bukanlah yang terluas. Bagasinya lumayan lega meski anda tak melipat bangku belakangnya.
Fitur
2016_toyota_fortuner_04
Ini merupakan bagian yang paling menarik untuk dibahas. Sebagai standar, seluruh varian dari Fortuner  memiliki Sensor parkir dan side step. Head unit yang digunakan juga sama persis di semua tipe, yang membedakan hanyalah beberapa opsi dan kamera mundur yang hanya tersedia di tipe SRZ dan VRZ. Tersedia pula mode berkendara yang terdiri dari 2 mode yaitu Eco dan Power. Khusus untuk tipe VRZ 4X4 telah dilegkapi 7 Airbag.
Kenapa 7 airbag hanya tersedia di tipe VRZ 4X4?  karena tipe VRZ 4X4 ibarat anak kandung Toyota. embel-embel perangkat keselamatan aktif seperti Stability control, traction control, hill start assist dan kawan-kawan itu juga tak ada di varian ini. Ingat, 4X4 saja, bukan untuk 4X2. Rupanya Toyota sangat pintar membangun gimmick marketing agar produknya terlihat lengkap, padahal itu semua hanya tersedia di tipe termahal yang notabene pembelinya tak sebanyak tipe yang lebih murah.
Untuk tipe dibawahnya, anda harus puas dengan 3 Airbag, ABS-EBD + BA saja. sangat kontras bukan? Oh ya, di seluruh jajaran tipe Fortuner, semuanya belum menggunakan sunroof ataupun panoramic roof, hanya roof saja. Khusus untuk tipe SRZ dan VRZ, jempol anda tak pernah “Nganggur” karena pada setir tersedia banyak tombol yang berisi aneka menu yang ditampilkan di MID, serta tombol pengaturan head unit.
Performa Mesin


All New Fortuner diberikan dua pilihan mesin, yakni bensin 2.700 cc Dual VVT-i, namun tenaganya hanya naik 3 PS dan torsi hanya 5 NM. Mesin 2.7 bensin sebenarnya adalah mesin dari Fortuner lama, hanya saja ditingkatkan jadi Dual VVT-i sehingga diklaim mengurangi konsumsi BBM. Meski begitu, tetap saja ini mesin yang “Haus” bahan bakar. sungguh semakin tidak berimbang dengan semakin beratnya bobot mobil.
Menariknya, versi diesel dari mobil ini memakai mesin baru, yakni 2.400 cc 2GD VNTurbo yang sama persis dengan mesin diesel Innova 2016 yang naik drastis dari pendahulunya menjadi 149 PS@ 3.400 rpm yang diklaim lebih efisien dari pendahulunya.


Info Test Drive. Harga dan Pemesanan
Hub :
Andi
081230072006
Toyota Kartika Sari

Reactions:

0 comments:

Post a Comment